Rabu, 19 Januari 2011

Bagaimana Cara membuat Geta (sandal tradisional jepang)

Postingan yang diminta oleh seorang pembaca anonim.


Baiklah Geta adalah sandal/bakiak tradisional jepang yang terbuat dari kayu. otomatis bahan yang harus anda gunakan adalah kayu. sekitar 25 cm x 10 cm lah. dengan tebal 5-7 cm. membuta geta bukanlah perkara mudah, jika anda ingin membuat dengan cara cepat dan efisien tenaga. 
yang cara pertama adalah geta yang biasanya digunakan di jepang, antara dai dengan hak tidak dipaku ataupun di lem, tapi utuh dari satu balok kayu, yang dibuat sedemikian rupa.
berikut caranya


bahan
  1. Kayu dengan volume 25x11x8 cm dua buah (sepasang)
  2. Bor listrik
  3. Tali berlapis kain (hanao)
Cara membuat 
disini saya mengajak cara cepat saja, karena akan sangat sulit untuk membuat Dai (alas) dari geta ini. jika ada tukang kayu dekat rumah anda mintalah dia untuk membentuk dua balok kayu kita menjadi desain alas geta (dai). tunjukkan saja gambarnya, saya yakin dia akan mengerti. jangan lupa untuk memberi dua gigi (hak yang ada dibawah alas). 

setelah Dai siap, nyalakan bor listrik untuk kayu. buatlah 3 lubang di tiga tempat yang harus dimasuki tali (hanao), atau jika anda tidak memiliki bor anda bisa meminta tukang kayu untuk membuatkannya sekalian. biasanya di alat alat pertukangan ada bor juga.

setelah dai sudah dilubangi, kita tinggal memasukkan hanao sesuai lubang yang telah disediakan dan mengikatnya kuat kuat agar tidak mudah lepas. 

dan jadilah Geta buatan sendiri.

Cara kedua (lebih mudah)


Cara indonesia bagian ha' tidak terbuat dari satu balok yang sama dengan bagian dai, jadi antara ha dan dai adalah dua kayu yang berbeda.
Bahan
  1. Papan kayu dengan ukuran 25x10x2 cm dua buah kayu jati juga boleh
  2. dua buah papan kayu kecil dengan ukuran sekitar lebar 2cm panjang mengikuti panjang dai dan tinggi terserah anda tapi sekitar 5-6 cm
  3. hanao tali
  4. bor listrik untuk kayu
Cara
Bentuklah papan yang akan digunakan sebagai dai, haluskan setiap permukaannya, buat keempat sudutnya menjadi agak tumpul. dan bentuklah sesuka hati anda.

lalu, bor ketiga bagian yang akan dipasangi hanao.

berikutnya pasang hak ke dai, biasanya tidak menggunakan paku karena bisa membuat telapak kaki sakit jika kita menempelkan dai pada hak dengan paku, bisa juga dengan menggunakan lem kayu, yang bagus. pasang hak tepat dibelakang/bawah lubang yang telah dibuat. tapi jangan terlalu jauh.

setelah jadi pasangkan tali hanao dan ikatkan dengan erat. maka jadilah geta buatan anda sendiri.

:D

Kesimpulan.. terlihat jelas perbedaan antara yang buatan jepang dan indonesia, yaitu dari hak yang dipakai, jika dari jepang hak dan alas adalah satu kayu sama yang dibentuk menjadi geta.. 
sedangkan yang buatan indonesia, hak ditempelkan pada alas.. jadi terbuat dari kayu yang berbeda.

jika bingung cara membuatnya bisa beli kok, di kaskus banyak yang menawarkan.. contohnya klik DISINI

1 komentar:

Jamaludin 10 April 2014 05.18  

Kalau beli on line dimana ya? Searching dari kemarin ga dapet2. Makasih...

Poskan Komentar

isi komentarnya dunk.. ^_^

fahrizal's blog

fahrizal's blog

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Follow by Email

Blogger Template by ardi33's template.
fahrizal 182 Edited by Fahrizal